Analisa 7 E-Commerce Situs Jual Beli Online di Indonesia.

Memenuhi tugas mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer progdi Sistem Informasi Universitas Dian Nuswantoro dengan dosen pembimbing Bu Titien Suhartini Sukamto. Dengan anggota kelompok :

  • Fahmi Muttaqin ( A12.2015.05348)
  • Fridho Cesario W.(A12.2016.05532)   
  • Wisnu Bagas G (A12.2015.05308)
  • M Ammar Al Faris (A12.2015.05369)
  • Emang Hulung (A12.2015.05395)
  
 Seiring berkembangnya teknologi internet di indonesia, memunculkan banyak sekali startup e-commerce. Mereka membangun toko online yang menjual produk yang sangat lengkap seperti mall dengan kelebihannya, tujuannya adalah untuk mewadahi para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi secara mudah dan cepat tanpa repot hanya cukup di depan laptop, tab atau smartphone selama perangkat tersebut terhubung dengan internet.
  Pada artikel kali ini kami sedikit sok tahu daftar toko online terbaik dan populer di indonesia, toko online yang saya sebutkan ini mempunyai model bisnis yang berbeda, ada C2C (Consumer to Consumer) dan B2C (Business to Consumer) dll.

  Berikut ini adalah 7 E-Commerce yang berbeda namun dalam lingkup atau fungsi yang sama yaitu situs jual beli online di Indonesia dengan tampilan user face dan kelebihan dan kekurangannya. 
1. LAZADA 

   Lazada Indonesia adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk dari elektronik,buku,mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan , peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga.LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara.
 
-SARAN TERHADAP LAYAR DEPAN TAMPILAN
  • Kurang menarik dengan warna layar depannya yang kurang mencolok menjadikan user yang melihatnya kurang tertarik sebaiknya di beri warna yang agak cerah sehingga user ingin lebih tau tentang Barang yg di jual di LAZADA tersebut.
  • Mengurangi iklan dalam Tampilan Layar Depan LAZADA.
  • Menambah Tampilan Yang Menarik dengan gambar di Depan Layar Tampilan di LAZADA. 
2. BLIBLI.COM 

  BLIBLI.COM adalah salah satu e-commerce di Indonesia dengan konsep belanja online ala mall. Dengan Konnsep tersebut blibli mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja di mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan dimanapun dan kapanpun. BLIBLI adalah produk pertama PT.GLOBAL digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang yang didirikan pada tahun 2010.
 
-SARAN TERHADAP LAYAR DEPAN TAMPILAN
  • Kurang Menarik Dengan kurang Warna yang menarik Seharusnya lebih di beri warna yang menggoda dengan memberikan Warna Biru Tua dan kebanyakan warna putihnya. 
  • Banyak iklan yang tidak menarik.
  • Menambah Tampilan yang menarik dengan gambar di depan layar tampilan di BLIBLI.COM.
3. BUKALAPAK 

  BUKA LAPAK merupakan salah satu pasar online (online marketplace) terkemuka di Indonesia (Biasa dikenal juga dengan jaringan toko online) yang dimiliki dan di jalankan oleh PT. Bukalapak.Seperti halnya situs layanan jual-beli online dengan model bisnis consumer to consumer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen ke konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko online untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk,baik baru maupun bekas, seperti sepeda , ponsel , perlengkapan bayi, gadget, aksesoris gadget, computer, tablet, perlengkapan rumah tangga, busana , elektronik, dan lain-lain.
 
-SARAN TERHADAP LAYAR DEPAN TAMPILAN
  • Sudah Sedikit menarik dengan tampilan layar depan menggunakan warna merah , tetapi sebaiknya lagi warna tulisan atau petunjuk” dalam layar depannya di beri warna yang tidak putih sehingga lebih menarik.
  • Mengurangi iklan yang tidak cocok dan tidak menarik dalam layar depan tampilan.  
  • Menambah tampilan yang menarik dengan gambar layar tampilan di BUKA LAPAK.
 4. FJB KASKUS

  FJB Kaskus adalah Forum Jual Beli Kaskus atau Forum tempat para pengguna Kaskus dapat menjual dan atau membeli suatu barang atau jasa yang diinginkan. Kaskus yang didirikan Oleh Andrew darwis ini pada awalnya hanyalah sebuah forum komunitas, namun karena banyaknya user kaskus atau yang sering disebut kaskuser ada yang memanfaatkannya sebagai tempat bertransaksi Jual beli, maka dibuatlah FJB kaskus. Di Forum FJB ini anda dapat menjual atau membeli barang dan jada dengan mudah dan gratis, banyak sekali kategori produk di forum jual beli ini. Untuk dapat memulai menjadi penjual yang perlu anda lakukan hanyalah daftar sebagai member kaskus.Dan melakukan jual beli di kaskus juga sangat aman karena sudah menggunakan metode pembayaran dengan system rekber yang dikelola oleh kaskus sendiri.
 
-SARAN TERHADAP LAYAR DEPAN TAMPILAN
  • Menarik , tapi kurangnya petunjuk dan tampilan yang mengajak untuk membeli barang di situs tersebut.
  • Mengurangi iklan yang terdapat di depan tampilan layar FJB KASKUS.  
  • Lebih menarik lagi Menambah tampilan yang menarik dengan gambar layar tampilan di FJB KASKUS.
 5. ELEVANIA
 ELEVENIA adalah situs belanja online dengan konsep open marketplace Nomor 1 di Indonesia beroprasi dibawah naungan PT XL Planet yang memberikan kemudahan dan keamanan berbelanja. Situs ini menawarkan berbagai macam produk untuk pecinta belanja online.Hingga hari ini, tercatat bahwa elevenia menawarkan lebih dari 2 juta produk dari 16.000 seller yang terbagi dalam 8 kategori antara lain: fashion , beauty/health, babies/kids, home/garden,gadget/computer, elektronik, sports/hobby, service/food.ELEVENIA telah berhasil menambah seller hingga lebih dari 23,000 seller dan live listing 2 juta produk.Dalam satu tahun, elevenia juga berhasil menggapai 1 juta pengguna dan mengirim lebih dari 400,000 ribu produk. Elevenia mentargetkan untuk bisa mencapai penghasilan sebesar RP.11 Trilyun.
 
-SARAN TERHADAP LAYAR DEPAN TAMPILAN
  • Cukup Menarik untuk menarik pembeli ingin tahu tentang apa itu ELEVENIA. 
  • Warna tampilan depan ELEVENIA Cerah , sebaiknya tulisan yg ada di font/ kolom depan layar tampilan di beri warna lebih baik lagi.
  • Lebih menarik lagi di sertakan dengan memberikan gambar” dalam layar tampilan di depan agar terkesan lebih menarik lagi.     
 6. OLX

 OLX Indonesia (Sebelumnya bernama tokobagus.com) adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang di fokuskan untuk tempat membeli dan menjual produk serta jasa secara online dan gratis untuk penjual maupun pembeli yang menggunakan jasa dari OLX Indonesia ini. OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk elektronik,otomotif, olahraga, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa , lowongan kerja dan produk lainnya. Sebenarnya terdapat juga situs semacam ini bernama berniaga yang juga sangat terkenal dan memiliki user yang tak kalah banyaknya dengan OLX. Namun, pada tanggal 14 November 2014, OLX Indonesia mengumumkan bahwa berniaga akan merger dengan OLX Indonesia pada tahun 2015 dan akhirnya proses merger tersebut sudah selesai pada bulan februari 2015.

-SARAN TERHADAP LAYAR DEPAN TAMPILAN • 
  • Cukup Menarik dengan tampilan layar depan tersebut beserta warna yang di berikan cocok, tetapi warna yang di berikan alangkah lebih baik juga agar di beri warna yg lebih mencolok agar terlihat lebih menarik.
  • Mengurangi iklan untuk produk” lainnya yg banyak mengganggu tertariknya konsumen untuk melihat lebih jauh produk” yang telah di pasarkan di OLX.
  • Memberi ajakan” atau diskon agar banyak lagi konsumen yang tertarik untuk awal pembeliannya.

 7. TOKPEDIA

   TOKOPEDIA (tokopedia.com) merupakan salah satu mal online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace.Sejak di luncurkan hingga akhir 2015,layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis . Dengan visi untuk “Membangun Indonesia yang lebih baik lewat internet”,Tokopedia memiliki progam untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online. Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan iinternet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.Tokopedia juga berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama di ASIA Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp. 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc. 

-SARAN TERHADAP LAYAR DEPAN TAMPILAN
  • Penampilan website yang ringan dan segar, tetapi kurang menarik . Lebih menarik di beri warna agak mencolok untuk menarik banyak konsumen
  • Mengurangi iklan luar yang masuk agar tidak mengganggu konsumen yang tertarik untuk melihat” toko pedia tersebut. 
  • Menambah ajakan” atau diskon agar banyak lagi konsumen yang tertarik di tampilan layar depan TOKOPEDIA.   
  
 Dengan semakin maraknya penggunaaan akses teknologi internet,maka saat ini manusia telah diberikan berbagai kemudahan yang salah satunya adalah berbelanja via online. Saat ini sebagian macam kebutuhan manusia telah disajikan pada layar (display)computer melalui situs web tertentu sebagai media interfacenya,yang memungkinkan kita untuk berbelanja (transaksi) online yang dapat menjawab kebutuhan kita tanpa harus terbatas ruang dan waktu. Semua informasi dan pengetahuan Kami bukan untuk merendahkan,Hanya sekedar menambahkan dari situs-situs tersebut agar menjadi lebih baik dan di gemari lebih banyak konsumen.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Analisa 7 E-Commerce Situs Jual Beli Online di Indonesia."

Posting Komentar